9 Tahapan Mempelajari SEO On Page, Bisa Ditiru Pemula

32 views

tempahwebseo.com - Bagi seorang blogger maupun internet marketer, mempelajari SEO on-page adalah keharusan. Tujuannya jelas yaitu untuk mengoptimalkan suatu situs website yang mereka kelola. SEO on page sendiri merupakan proses yang dilakukan untuk optimasi pada sisi internal website itu sendiri baik dari segi artikel, penyusunan kode, internal link, plug-in maupun lainnya. Tentunya untuk melakukan proses ini dibutuhkan waktu yang banyak dan sedikit lebih rumit. Mungkin 9 langkah memoelajari SEO on page ini bisa Anda tiru:.

  1. Pengaturan

Karena masih setup awal, maka anda harus menyiapkan diri mulai dari alat-alat seperti Google Analytics, Google AdWords dan Google Webmaster Tools. Alat-alat tersebut menjadi Pondasi yang kuat untuk membangun sebuah website.

  1. Audit Situs

Langkah yang selanjutnya yaitu memastikan situs website Anda terhindar dari penalti Google. Caranya dengan melakukan audit situs secara rinci.

seo on page

Baca Juga : Langkah Mudah Optimasi Blog Pribadi, Lakukan Hal-Hal Ini

Karena memang setiap saat Google selalu lebih ketat dengan peraturan dan pinaltinya. Anda bisa mengggunakan Moz Site Audit Checklist untuk melakukan audit website Anda.

  1. Dengan atau Tanpa WWW

Usahakan untuk tidak menggunakan keduanya, cukup gunakan salah satu saja agar search engine tidak melihat situs anda sebagai dua lokasi yang terpisah. Dimana tentunya dapat merusak peringkat dan kualitas situs website anda.

  1. Riset Keyword

Reset keyboard merupakan bagian yang paling penting dalam SEO on page. Untuk mengoptimalkan SEO maka anda bisa memulainya dengan melakukan reset keyword.

  1. Navigasi

Navigasi berperan penting bagi SEO. Fungsi yang pertama yaitu bagi pengunjung agar dapat melakukan navigasi dengan lancar dan yang kedua bagi search engine yaitu untuk menemukan hubungan yang jelas antara link dengan halaman.

  1. Konten On-Page

Untuk mengoptimalkan SEO on page, algoritma terbaru dari Google bukan hanya menekankan pada keyword saja melainkan juga tulisan yang berkualitas dan berguna. Sehingga Anda perlu mengisi website dengan konten yang berkualitas bagi pengunjung.

  1. Meta Tags

Untuk memahami tahapan ini, Anda bisa menempatkan diri anda sebagai pembaca,yaitu bagaimana anda akan menentukan untuk mengklik suatu situs website.

  1. Robot.txt

Merupakan file teks yang dimasukkan ke situs untuk memberi tahu search engine halaman mana mereka diizinkan untuk mengunjungi. Meskipun kode ini tidak wajib namun membantu agar website tidak dimasuki oleh robot pencari.

  1. Sitemap

Untuk memaksimalkan traffic dan visibilitas website anda maka situs Anda harus di Index oleh search engine dan direktori. Jika tidak maka mesin pencarian seperti Google atau Yahoo tidak dapat menemukan halaman yang relevan dengan situs website anda.

Nah mungkin itulah 9 tahapan mempelajari SEO on page yang mungkin bisa anda ikuti. Lebih rumit dan tidak mudah memang untuk mengoptimalkan suatu website agar dapat bersaing menduduki halaman pertama Google.

Tags: #Audit Situs #Meta Tags #Riset Keyword #SEO #SEO On Page #Ulasan SEO