Kiat Efektif Mengelola Keuangan Pribadi

79 views

tempahwebseo.com - Tidak pernah ada kata terlambat dalam hal pengelolaan keuangan pribadi. Kamu bisa melakukannya pada usia berapa pun.

Namun yang perlu dicamkan dalam hal ini adalah: keuangan pribadi tidak bisa dikelola sembarangan. Dan hasilnya pun tidak bisa instan.

Tak Ada Trik Pengelolaan Keuangan yang Bekerja Instan

Tak ada trik pengelolaan keuangan pribadi yang langsung bekerja. Jadi tidak ada yang namanya hari ini diterapkan, besok berhasil.

Tapi tentu saja selalu ada kekurangan yang bisa diperbaiki, dan selalu ada lubang finansial yang bisa ditambal, kan?

Nah, berikut tips pengelolaan keuangan pribadi yang bisa mulai kamu terapkan.

1.    Buatlah Rencana

Rencana keuangan yang baik membantumu mencapai tujuan finansial dengan lebih terarah. Kamu bisa memulainya dari hal sederhana, seperti misalnya membuat rencana anggaran, mengatur pengeluaran bulanan, dan menghindari hutang.

Kalau ketiganya bisa kamu atur dengan baik, di akhir bulan kamu akan memperoleh uang simpanan dalam jumlah lumayan banyak.

tips kelola keuangan

Misalkan kamu mendapat uang sebesar Rp3-juta dalam sebulan. Dimana jumlah itu kamu berencana menghabiskan Rp2,7-juta saja. Lalu di perjalanannya kamu menemukan cara untuk lebih irit lagi, sehingga kamu bisa menyimpan uang sisa lebih banyak. Katakanlah sejumlah Rp500-ribu.

Nah, modal Rp500-ribu itulah yang bisa kamu gunakan untuk mencapai tujuan berikutnya. Apa tujuan berikutnya? Mungkin kamu ingin membangun bisnis kecil, misalnya. Apapun itu, pokoknya kamu harus mulai merencanakan langkah berikutnya.

Jadi ingatlah beberapa hal ketika merancang rencana keuangan:

  • Hitung budget yang dibutuhkan untuk mencapai tujuan keuangan.
  • Pikirkan tujuan keuangan jangka panjang.
  • Selalu menabung supaya kamu bisa menyisihkan dana untuk keperluan darurat.

Rencana akan membuat keuangan kamu lebih baik dan terarah. Dan yang paling, rencana yang baik bisa menyokong tujuan yang baik.

Baca Juga : Ini Dia Tools yang Harus Kamu Gunakan Untuk Memaksimalkan SEO

2.    Membuat Detail Tujuan Rencana Keuangan

Detail yang berisi tentang tujuan kamu membuat rencana keuangan penting, dengan begitu kamu bisa arah keuanganmu.

Lalu bagilah tujuan finansial ke dalam dua cabang: jangka pendek dan jangka panjang.

  • Untuk jangka panjang, kamu bisa menetapkan berbagai tujuan. Misalnya: beli rumah tanpa berhutang. Atau pensiun dini, dan banting setir jadi pengusaha.
  • Buatlah tujuan keuangan jangka pendek untuk menopang tujuan jangka panjang yang kamu rancang. Misalnya: kamu bisa menurunkan pengeluaran yang tidak perlu, membuka bisnis baru dengan modal yang tidak terlalu besar, atau menyetop pengeluaran kartu kredit.

merencanakan pengeluaran keuangan

Jangan lupa untuk membuat skala prioritas di dalam masing-masing tujuan. Misalnya kamu dalam tiga bulan kedepan mau menurunkan pengeluaran tidak perlu, maka mana yang mesti dipilih: memotong anggaran pembelian rokok atau memotong anggaran pembelian pulsa internet. Pilih satu yang benar-benar bisa menopang keberhasilan perencanaan anggaran untuk jangka pendek.

3.    Jangan Berhutang

Kami sangat tidak menyarankan kamu berhutang demi memperbaiki finansial, kecuali kamu siap dengan resikonya dan mampu membayar hutang.

Tapi kalau terlanjur berhutang, kamu bisa melakukan tindakan berikut ini:

  • Jual barang yang tidak kamu gunakan. Gunakan uangnya untuk membayar hutang.
  • Carilah pekerjaan sampingan yang hasilnya bisa kamu gunakan untuk membayar hutang.
  • Sisihkan sebagian kecil budget yang tersisa dari anggaran bulanan untuk membayar hutang.

Di masa depan kamu juga perlu mempertimbangkan untuk menyimpan uang dalam jumlah tertentu supaya bisa digunakan dalam keadaan darurat.

4.    Tetap Pada Rencana

Disinilah kamu perlu mengeraskan hati. Kalau kamu sudah berencana mengeluarkan uang sejuta dalam sebulan, maka keluarkan lah sejumlah itu. Jangan sampai berlebihan.

mengelola keuangan pribadi

Cara ini akan membantu Anda mencapai tujuan keuangan dengan lebih jelas lagi. Tetapi sebelum mencapai tujuan, kamu sebaiknya membuat detail anggaran yang benar-benar ketat. Dalam arti kamu mengetahui berapa jumlah uang yang perlu dikeluarkan dalam satu bulan, dan berapa jumlah uang yang bisa kamu simpan dalam bulan yang sama.

Pakai rencana itu sebagai referensi pengelolaan keuangan yang harus benar-benar kamu patuhi demi masa depan keuangan yang lebih sehat.

5.    Minta Saran dari Orang Lain Tidaklah Salah

Kamu mungkin bukanlah orang yang benar-benar profesional dalam mengelola rencana keuangan, karenanya kamu butuh saran dari orang yang lebih ahli di bidang itu.

Atau bila tak mampu membayar jasa konsultan keuangan, kamu bisa mencari referensi media sosial. Di zaman kiwari, ada banyak akun Instagram yang setiap hari menyodorkan informasi pengelolaan keuangan yang lebih sehat. Kamu bisa belajar banyak dari akun semacam itu.

Lalu kamu juga bisa bertanya kepada adik atau kakak, atau bahkan orang tuamu, apalagi jika mereka terbukti lebih baik dalam soal mengelola keuangan keluarga atau pribadi.

Pada akhirnya, mengelola keuangan pribadi atau keluarga bukanlah hal sulit. Dan memang seharusnya tidak boleh jadi sulit. Yang perlu kamu lakukan adalah yakin terhadap rencana keuangan yang dibuat, dan tetap pada rencana.

Itu sudah!

 

 

 

 

 

 

Tags: #Kelola Keuangan #Serba-Serbi #Tips dan Trik