Pagination dan Trik Implementasinya

67 views

tempahwebseo.com - Pagination adalah desain halaman yang banyak digunakan di website untuk memberikan tampilan konten bagi usernya. Penggunaan pagination yang tepat akan membuat beberapa poin yang menarik perhatian user website. Jika digunakan dengan tepat, user akan tetap menggunakan websitemu untuk mendapatkan informasi yang dibutuhkannya.

Pagination membagi tampilan sebuah konten menjadi beberapa halaman. Biasanya dilakukan untuk halaman blog atau daftar produk untuk situs e-commerce. Dengan pemberian pagination tampilan menjadi lebih user friendly sehingga mudah digunakan oleh user yang mencari halaman yang ia butuhkan.

Desain pagination sendiri membutuhkan tampilan yang tepat dan di aplikasi web diatur dengan menggunakan source code yang akan mengatur tampilan dari konten bar uke lama. Pola pagination digunakan di bagian bawah halaman yang berisi item-item dalam satu kumpulan data.

Di dalam SEO, pagination dapat memberikan dampak tersendiri:

  1. Membatasi Search Engine Mengunjungi Situsmu

Search engine melakukan tugasnya untuk mengunjungi situs-situs guna melakukan pemeringkatan.

pengertian pagination

Jika situsmu memiliki jumlah halaman terlalu banyak dengan tampilan pagination, maka kemampuan search engine menelusuri semua halaman tersebut akan berkurang. Dan halaman-halaman potensial bisa tidak terkunjungi.

  1. Duplikasi

Mungkin saja terdapat publikasi konten yang dibaca oleh mesin pencari yang disebabkan judul dan meta tag. Sehingga akan menyulitkan SEO untuk menetapkan halaman yang sesuai dengan pencarian yang dimaksud.

Baca Juga : Kiat Efektif Mengelola Keuangan Pribadi

Fungsi dari adanya pagination adalah untuk mengatur tampilan website sehingga tampak rapi tidak berantakan dan enak untk melakukan navigasi di dalamnya.

Pagination dalam website merupakan sebuah teknik untuk mengatur halaman yang diimplementasikan dengan dua cara (scroll tanpa akhir tidak disebut dengan pagination):

  1. Halaman diindeks dan dikelompokkan dengan menggunakan atribut pagination
  2. Halaman “lihat semua” berisi semua konten dan halaman dan paginasi disajikan dalam kanonikal ke halaman “lihat semua”

 

Tips Implementasi Pagination:

  1. Membagi set data dalam kelompok yang lebih kecil 

Bagi kumpulan data yang ada di websitemu menjadi kelompok-kelompok lebih kecil yang akan ditampilkan dalam 1 halaman secara langsung dan menjadi default tampilan.

  1. Menggunakan URL canonical masing-masing

Setiap halaman dalam serial pagination harus memiliki URL masing-masing dan jangan pernah memasukkan dua halaman dengan konten yang sama ke dalam pagination.

  1. Mengganti meta tags

Hal ini diketahui dari Google Webmaster Hangout sessions yang disampaikan oleh John Mueller bahwa Google memperlakukan paginations sebagai halaman biasa.

tips pagination

Sehingga ini merupakan hal yang tepat dilakukan untuk mengoptimasikan SEO on page dari halaman paginations sebagaimana halaman umum lainnya.

  1. Tidak memasukkan pagination dalam XML sitemap

Lakukan ini jika kamu ingin menghemat crawl budgetmu. Cara ini lebih efektif daripada melakukan blocking melalui robots.txt

  1. Gunakan URL absolut

Sangat baik digunakan untuk situs besar atau situs e-commerce yang memiliki ribuan produk. Navigasi jenis ini membuat user bisa memfilter langsung konten dengan menggunakan kata kunci yang mereka miliki.

  1. Index halaman pagination

Jangan lupa membuat index untuk halaman pagination agar index ini juga bisa terbaca oleh mesin pencari.

  1. Beri tautan untuk follow ke halaman pagination

Sebagai pengatur halaman, tautan membantu user untuk meneruskan pencariannya ke halaman dengan informasi yang lebih dalam lagi.

 

Cara Kerja Pagination

Seperti yang sudah disebutkan di atas, dengan adanya pagination membuat halaman website menjadi rapi dan teratur walaupun terdapat tambahan postingan tiap harinya. Pengaturan jumlah postingan dilakukan sama per halamannya. Misalnya hanya 10 postingan per halamannya. Ini yang disebut pagination.

Cara Membuat Pagination di WordPress

Penggunaan pagination di wordpress akan membuat tampilan website mu rapi dan terstruktur tiap-tiap halamannya. Tidak ada tumpang tindih dengan banyaknya postingan dalam masing-masing halaman. Cara membuat pagination di wordpress sangat mudah. Kamu bisa melakukannya dengan mengubahnya di bagian setting, dengan mengganti jumlah postingan per halaman. Yatu Admin – setting – reading – blog pages show at most.

cara pagination di wordpress

Jika kamu ingin mengubahnya melalui source code, kamu bisa menambahkan fungsi link untuk halaman selanjutnya  (next page) dan halaman sebelumnya (previous page) dengan menggunakan function post_nav_link(). Atau kamu bisa masukkan halaman dengan angka-angka dengan function the_posts_pagination() dalam source codemu.

Pagination adalah proses membagi konten website atau bagian dari konten website menjadi halaman-halaman tertentu. Seorang developer web melakukan pagination untuk membuat user merasa nyaman dan efektif dalam pencarian halaman dan tidak merasa kebingungan dengan pengaturannya. Menerapkan pagination membutuhkan info yang detail tentang bagaimana meletakkan link yang tepat sehingga user mendapatkan apa yang dia cari di websitemu. Desain pagination yang tepat akan menjadi kompas bagi user dan meminimalisasi effort dalam pencarian yang akan mendorong terjadinya konversi dan loyalitas brand jangka panjang.

 

Tags: #On Page #Pagination #SEO #Tips dan Trik