Tips Memenangkan Keyword Kompetisi Tinggi

72 views

tempahwebseo.com - Di belantara keyword, ada beberapa jenis keyword dengan level kompetisi masing-masing. Dari yang terendah tingkat kompetisinya hingga yang sulit levelnya. Hal ini dilihat dari jumlah pencarian hingga jumlah biaya iklan. Di tulisan kali ini akan membahas cara untuk memenangkan keyword dengan kompetisi di jumlah pencarian yang sangat banyak. Sehingga bisa dikategorikan sebagai keyword persaingan tinggi. Contohnya adalah pinjaman dana cepat atau investasi.

persaingan keyword

Lalu, bagaimana mengetahui level persaingan sebuah keyword? Caranya disebutkan di bawah ini:

  1. Install Mozbar

Mozbar adalah bisa digunakan untuk menganalisa website yang berada di halaman 1, apakah termasuk website besar atau tidak. Tool ini gratis dan bisa digunakan oleh siapa saja untuk melihat nilai PA dan DA suatu website untuk menentukan kualitas situs dan kontennya.

  1. Perhatikan Nilai PA dan DA

Nilai PA adalah page authority website tersebut, sedangkan DA adalah domain authoritynya. Angka yang digunakan 0-100. Makin besar angkanya menunjukkan tingginya reputasi sebuah halaman atau domain sebuah website. Ini bukan angka resmi dari Google, namun algoritma yang digunakan cukup mendekati. Makin tinggi nilai PA/DA maka makin tinggi reputasi website. Keyword yang berasal dari web dengan PA/DA tinggi akan termasuk keyword dengan persaingan yang sulit. Begitu juga sebaliknya. Dikatakan mudah jika nilai PA/DA nya ada di bawah 25.

  1. Jumlah dan Kualitas Backlink

Lihat jumlah dan kualitas backlink di website tersebut. Mengapa? Karena jumlah saja tidak menjamin sehingga harus dilihat juga kualitas link websitenya. Caranya dengan mengklik link yang ada apakah relevan dengan website atau artikel yang dimaksud. Jika link topiknya tidak berhubungan, maka website ini persaingannya mudah begitu juga dengan keywordnya.

  1. Perhatikan Judul dan Topik Konten

Lihat kesesuaian apa yang dicari di google dengan web yang ditampilkan apakah sesuai. Terkadang ada yang tidak sesuai karena belum ada konten yang relevan sehingga di pencarian yang muncul artikel yang hanya memiliki keyword mirip.

  1. Lihat Langsung Kualitas Konten dan Website

Masuk ke dalam website yang ada di halaman google dan perhatikan isinya. Jika tidak relevan dengan kata kunci yang kamu minta, berarti kata kunci ini termasuk dalam persaingan yang mudah dan kamu bisa menggunakan keyword ini dan mengoptimasinya dengan konten yang relevan.

Baca Juga : Inbound dan Outbound Link dalam SEO

Sekarang, mari kita analisa kata kunci pinjaman dana cepat:

Ketika keyword pinjaman dana cepat diketikkan di google, maka website yang muncul adalah tunaiku. Masuk ke dalam web tersebut dan lihat nilai PA/DA nya. PA/DA website ini adalah bernilai 45 dan 36. Cukup tinggi dan di atas 25 yang berarti web ini mempunyai tingkat persaingan medium.

Kemudian klink link yang terkait dengan artikel dari web ini, dan terlihat bahwa artikel ini dibacklink dengan web yang memiliki spam score rendah sehingga kualitas link cukup baik. Judul dan topik konten sesuai dengan keyword yang digunakan dan relevan dengan pencarian. Dengan kata lain, website dan kata kunci yang kita gunakan yaitu pinjaman dana cepat, cukup relevan dan berkualitas baik.

Untuk bisa memenangkan persaingan keyword ini, kita harus tahu teknik dan strategi yang tepat. Ada beberapa cara yang bisa digunakan, yaitu:

  1. Mengenali Keyword

  • Sifat keyword yang sulit ada beberapa, yaitu:
    • Volume jumlah pencari per bulan antara 10 ribu hingga 1 juta
    • Keyword ini termasuk keyword yang paling dicari oleh user
    • Ada unsur bisnis/manfaat dalam keyword tersebut
    • Iklan adwords banyak bermain di keyword ini
    • Keyword ini bersifat long lasting dan trennya tinggi

kompetisi keyword

  • Pemain keyword
    • 5 top situs yang menggunakan keyword ini memiliki popularitas dan authority tinggi
    • Umur situs pemain keyword telah mencapai  5 – 10 tahun
    • Memiliki trust tinggi misalnya media online yang dikenal mempunyai reputasi baik.
    • Situs khusus yang hanya membahas 1 niche sehingga konten sangat spesifik dan menjadi rujukan bagi pengguna yang menggunakan keywordnya.
  1. Tips dan Strategi SEO Untuk Keyword Sulit

Jika ingin memenangkan keyword dengan persaingan tinggi, kamu harus melakukan hal-hal di bawah ini:

  • Minimal usia situs adalah 6 bulan – 2 tahun
  • Konten di dalamnya minimal 10 post yang relevan dan berkualitas
  • Memiliki niche khusus bukan gado-gado
  • Semua hal terkait website seperti hosting, platform dan template didesain untuk mendukung SEO
  • Memiliki konten original dan wajib SEO
  • Link dengan akun sosial yang ada seperti Facebook, Twitter dan lainnya sebagai media promosi
  • Mempunyai link building yang berkualitas
  • Selalu mengupdate konten secara rutin
  • Gunakan longtail keyword dan mengoptimasinya.

Keyword sulit bukan berarti tidak bisa digunakan. Hanya saja dibutuhkan strategi dan tips khusus untuk dapat mengoptimasinya hingga bisa memenangkan persaingan dengan berada di halaman 1. Tentu saja ini butuh waktu dan review strategi secara berkala.

 

Tags: #Backlink #keyword #Kompetisi #SEO #Strategi #Tips dan Trik