Apa Itu Keyword Difficulty? Mengapa Sangat Penting di SEO?

SEO Keywords

Tahukah Anda, sebelum menulis artikel website maupun blog untuk keperluan SEO (Search Engine Optimization), ada salah satu langkah penting yang tidak boleh dilewatkan? Langkah apa itu? Yaitu melakukan riset terhadap keyword atau kata kunci topik, baru kemudian dapat menentukan isi konten yang akan ditulis. Dengan melakukan riset keyword, Anda dapat lebih mudah menentukan kata kunci mana yang paling tepat digunakan pada website atau blog yang dimiliki.  

Performa website atau blog suatu perusahaan di hasil pencarian search engine akan sangat dipengaruhi oleh pemilihan kata kunci yang tepat, maka dari itu sangat penting melakukan riset. Setiap penulis harus tahu hal apa saja yang paling banyak dicari orang-orang di search engine, dengan demikian mereka dapat menggunakan keyword yang tepat untung mengarahkan orang tersebut menuju website atau blognya. 

Selanjutnya, anggap bahwa Anda telah menemukan keyword-keyword paling populer yang berhubungan dengan website, maka Anda juga harus tahu tentang peta persaingan keyword tersebut. Seberapa sulit penggunaan keyword tersebut untuk dapat bersaing di halaman awal dan rangking teratas mesin pencarian. 

Bagaimana cara membuat artikel yang dapat menembus halaman pertama mesin pencarian, tentunya dengan menggunakan keyword yang didapat sebelumnya. Untuk mendatangkan banyak pembaca, artikel yang Anda tulis memang harus tampil di halaman-halaman awal search engine. Karena berdasarkan sebuah penelitian, diketahui bahwa sebanyak 75% pengguna search engine biasanya hanya akan membuka informasi yang diperolehnya di halaman awal saja. 

Dan semakin bagus lagi jika Anda berhasil membuat artikel yang dapat menempati peringkat teratas hasil pencarian search engine tersebut, karena kemungkinan akan dibaca oleh pengunjung ada sebanyak 30%. Dengan tepat memilih keyword yang digunakan, website atau blog Anda akan mudah ditemukan para pengunjung, sebab berada di peringkat teratas search engine. 

Nah, sebelumnya sudah disinggung bahwa ada beberapa hal penting dalam riset keyword website atau blog yang harus diperhatikan sejak awal. Salah satunya adalah keyword difficulty atau tingkat kesulitan keyword. Mengapa keyword difficulty sangat penting dalam SEO? Simak pembahasan berikut ini.

Apa Itu Keyword Difficulty?

Keyword Difficulty jika diartikan ke dalam bahasa Indonesia maka memiliki arti sebagai tingkat kesulitan keyword, yang mana merupakan pengertian yang sama dalam dunia SEO. Lebih lengkapnya lagi, keyword difficulty merupakan tingkat kesulitan sebuah keyword untuk menempati posisi di halaman awal search engine. Keyword tool yang umumnya digunakan pada keyword difficulty dibuat dalam skala 0-100. 

Sebuah kata kunci akan semakin sulit merebut peringkat atas hasil pencarian apabila angka yang ditunjukkan semakin besar. Biasanya jumlah backlink yang dibutuhkan sebuah artikel untuk dapat menempati halaman awal hasil pencarian di search engine juga akan diperlihatkan oleh keyword difficulty. Jadi, jika keyword difficultynya semakin tinggi, maka baclink yang dibutuhkan akan semakin banyak.

Keyword Difficulty Merupakan Istilah Umum dalam SEO

Saat memperkirakan tingkat kesulitan keyword dapat bersaing di peringkat pertama hasil pencarian, maka ada beberapa faktor yang perlu Anda pertimbangkan. Faktor-faktor tersebut bisa datang dari dalam maupun luar, diantaranya sebagai berikut:

1. Kompetitor

SEO adalah tentang bagaimana website atau blog Anda dapat lebih unggul dari kompetitor lain. Jadi salah satu cara terbaik untuk mengetahui seberapa sulit kata kunci berada di peringkat atasnya adalah dengan melakukan pengamatan terhadap website milik kompetitor. Beberapa hal yang menjadi fokus dalam pengamatan:

  • Backlink
  • Pengoptimalan SEO di halaman search engine
  • kualitas konten

Faktor peringkat yang sangat penting dalam hal ini masih dipegang oleh backlink, dengan demikian Anda dapat lebih mampu memperkirakannya. 

2. Website Authority

Selain pesaing, otoritas situs web Anda sendiri dapat menjadi penentu peringkat sebuah keyword. Jika Anda baru memiliki situs web baru, maka jangan lupakan hal sepenting ini. Bahkan jika keyword difficulty rendah dan konten yang dimiliki juga bagus, tanpa backlink website Anda tidak akan naik ke peringkat atas. 

3. Kualitas Konten 

Jangan berkhayal bisa muncul di urutan pertama hasil pencarian apabila konten Anda tidak menunjukkan kualitas yang mampu bersaing dengan kompetitor. Anda harus bertanya kepada diri sendiri tentang beberapa pertanyaan berikut ini:

  • Seberapa sulit menulis konten dengan kualitas lebih baik atau paling tidak sebanding dengan website kompetitor?
  • Apakah tingkat keahlian yang saya miliki bisa menyamai kompetitor?
  • Apa keuntungan yang pembaca terima dari konten yang Anda sampaikan, jika dibandingkan dengan halaman kompetitor? (Misalnya dalam hal kualitas, penyajian informasi, visual, kedalaman pengetahuan, dan sebagainya).

Pertanyaan-pertanyaan di atas bersifat subjektif namun dapat berkontribusi besar terhadap keyword difficulty yang Anda alami. 

Nah, itulah yang dimaksud dengan keyword difficulty beserta beberapa hal yang dapat membantu Anda bersaing di peringkat teratas search engine setelah memetakan tingkat kesulitan keyword yang digunakan. Semoga informasi ini bermanfaat!

Artikel Terkait