Apa Tujuan Memasang Iklan di Instagram

Instagram Ads Campaign

Pada dasarnya kegunaan Instagram hampir sama dengan media sosial seperti Facebook, yang dimana keduanya menjadi media sosial yang dapat dimanfaatkan sebagai wadah promosi produk atau memasang iklan.

Instagram sendiri memiliki fitur target iklan layaknya Facebook Ads membuat kamu bisa mendapatkan informasi lebih spesifik lagi tentang pengguna aplikasi Instagram itu sendiri. Instagram Ads dapat menargetkan sesuai lokasi, usia serta jenis kelamin seseorang.

Tidak hanya itu, kamu bisa mendapatkan data para pengguna Instagram sesuai hobi, kepentingan serta koneksi para pengguna. Membuat kemungkinan kamu dapat menaruh iklan langsung ke hadapan pengguna yang memang telah dibidik sebagai target pasar sehingga strategi marketing dapat berjalan sesuai yang diinginkan, agar lebih efektif dan efisien dalam pengerjaannya.

Dengan memasang iklan di Instagram dan melakukannya dengan tepat, tentu akan membawa keuntungan bagi keperluan bisnis kamu. Agar mengetahui lebih dalam tujuan memasang iklan di Instagram, simak penjelasannya berikut ini.

1. Memperluas calon konsumen

Hal ini menjadi tujuan utama seseorang dalam hal mengembangkan bisnis dan memperluas pasar yang berimbas dengan menemukan konsumen-konsumen baru. Jika menerapkan promosi atau memasang iklan di beberapa sosial media seperti Instagram, daya jangkau pun semakin luas dan pangsa pasarnya pun ikut meluas.

Kamu bisa menjangkau ke daerah-daerah yang lebih jauh dan tidak hanya wilayah di daerahmu saja atau di Indonesia saja. Namun, kamu dapat memperluas jangkau hingga ke seluruh dunia menggunakan kecanggihan teknologi saat ini. Dengan begitu, besar kemungkinan kamu dapat menjangkau konsumen-konsumen baru dengan karakteristik yang berbeda-beda.

2. Interaktif

Hadirnya iklan di Instagram, hal ini memungkinkan kamu untuk bisa berkomunikasi langsung terhadap para konsumen lewat konten yang telah tersedia, khusus melalui kolom komentar pada media sosial,, review, pesan atau di postingannya. Kondisi ini memperlihatkan kepada pembeli bahwa kamu peduli terhadap apa yang ingin mereka sampaikan, dan membuat mereka merasa lebih dihargai serta menjadi bagian perusahaan yang sedang kamu bangun.

Dengan begitu memungkinkan untuk memperoleh informasi yang tidak ternilai terkait reaksi serta preferensi dari para konsumen kamu. Maka dari itu, perusahaan harus cepat dalam menanggapi komplain, reaksi, atau pertanyaan yang disampaikan oleh para pembeli dengan cepat dan mudah.

3. Melihat aktivitas para konsumen

Selain kamu bisa berkomunikasi dengan lancar, memasang iklan di Instagram dapat memungkinakan kamu untuk melacak dan mencari aktivitas para calon konsumen. Kamu bisa memantau jenis iklan serta jenis konten seperti apa yang sudah mereka lihat sebelum konsumen tersebut melakukan transaksi pembelian. 

Hal tersebut dapat membantu perusahaan kamu terkait teknik pemasaran yang mana menjadi paling manjur dan memungkinkan perusahaan untuk segera melakukan review kembali supaya berhasil meningkatkan strategi promosi perusahaan supaya lebih baik lagi.

Oleh sebab itu, kamu bakal semakin paham soal karakteristik calon konsumen kamu serta bisa dengan sigap mengevaluasi teknik dan cara melakukan penjualan atau pemasaran yang tepat bagi perusahaan yang sedang kamu kembangkan. Menunjukan sikap aktif tentu akan membangun citra baik bag perusahaan kamu sendiri di hadapan para konsumen.

4. Meningkatkan sales

Saat perusahaan ataupun brand produk kamu telah dikenal orang banyak ditambah adanya fitur iklan di Instagram tersebut tentu bisa meningkatkan angka penjualan produk kamu. Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, para konsumen bakal memilih jasa atau produk yang kamu tawarkan jika sudah mengenal brand yang akan dicoba.

Bila melakukan strategi pemasaran yang tepat, hal tersebut pastinya akan sangat mudah kamu capai serta bisa meningkatkan angka penjualan kamu ke semua lapisan atau pangsa pasar yang berbeda-beda melalui media online.

5. Meningkatkan Brand Awareness

Ketika memasang iklan di Instagram sedikit banyaknya akan membantu meningkatkan citra baik pada produk yang kamu miliki. Iklan di Instagram atau di sosial media dapat membantu kamu untuk melakukan peningkatan brand awareness terhadap bisnis kamu ke semua konsumen.

Brand awareness sendiri adalah hal yang penting yang mesti diterapkan, mulai dari pelanggan lama atau untuk menarik pelanggan baru. Kondisi bisa diterapkan dengan metode promosi produk ataupun jasa lewat media sosial seperti Instagram pribadi perusahaan. Adanya media sosial memungkinkan kamu untuk membanung merek atau brand yang efektif.

6. Menciptakan brand loyalty

Saat perusahaan kamu melibatkan para pengguna di sosial media, secara tidak langsung kamu telah menciptakan hubungan atau koneksi. Kamu meluangkan waktu agar bisa memberi mereka informasi, hiburan dan bantuan yang sangat bermanfaat terhadap calon konsumen kamu, meski tanpa imbalan sama sekali.

Hal ini menunjukan ke para konsumen bahwa kamu menghargai kehadiran mereka, bukan hanya dijadikan sebagai sumber penghasilan, namun juga dilihat sebagai seorang manusia. Para konsumen tentu akan menganggap perusahan kamu sebagai perusahaan yang peduli dengan mereka, serta mempunyai kepribadian, nilai dan juga visi yang jelas. Jangan salah, ditengah bisnis yang kompetitif seperti saat ini, hal tersebut bisa menjadi pembeda.

Artikel Terkait