yang perlu diperhatikan ketika membeli hosting

Beli Hosting untuk Website Pribadi? Perhatikan Dulu Hal-hal Ini

tempahwebseo.com – Apakah Anda sedang membangun website pribadi serta mencari sebuah hosting? Tentunya berbagai aspek akan menjadi pertimbangan penting untuk Anda yang ingin mendapatkan hosting paling sesuai dengan website pribadi. Tidak menutup kemungkinan bisa merepotkan diri sendiri ketika nantinya salah pilih dan bisa juga website mengalami beberapa kejadian di luar dugaan.

Sebelum memilih suatu layanan hosting, perlu diperhatikan beberapa aspek penting. Dimulai dari seberapa berkualitasnya pelayanan dari layanan hosting tersebut, bagaimana dengan budget apakah dapat disesuaikan dengan modal yang Anda miliki dan beberapa hal lainnya. Pemilik website juga tidak boleh lupa memastikan fitur-fitur yang dibutuhkan dari layanan hosting, apakah fitur yang menjadi kebutuhan Anda sudah tersedia. Berbagai aspek tersebut menjadi penting diperhatikan ketika ingin mengoptimalkan website untuk pengguna di search engine. Nah, jika sekarang ingin membeli hosting untuk website pribadi, silahkan perhatikan dulu hal-hal berikut ini.

Sesuaikan Layanan Hosting dengan Budget atau Modal

Belilah layanan hosting dengan harga relatif terjangkau atau melakukan perbandingan untuk memperoleh biaya termurah. Jangan terlalu memaksakan diri apabila budget atau modal untuk layanan hosting tidak terlalu besar. Sangat mudah bagi Anda yang ingin membangun website mencari layanan dengan harga murah, sebab ada banyak sekali provider hosting di Indonesia saat ini.

yang perlu diperhatikan ketika membeli hosting

Jadi, ketika tidak mampu mengeluarkan budget lebih untuk hosting saja, silahkan disesuaikan dengan pilihan layanan nantinya. Ini menjadi hal pertama sebelum membeli elemen penting untuk lama situs pribadi, yaitu perencanaan budget.

Tepat Memilih Provider

Saatnya melangkah ke tahap pemilihan provider yang tepat jika sudah selesai dengan urusan budget atau modal di awal. Jangan sampai Anda dikelabui oleh provider dengan legalitas masih dipertanyakan. Pikirkan dengan cerdas apakah layanan yang ditawarkan diberi dengan harga masuk akal, kalau sudah terlewat murah dan selisih banyak jelas tidak dapat dipercaya. Hindari provider hosting tersebut, terutama ketika mencari informasi alamat lengkap atau status keresmiannya tidak Anda dapatkan dari website.

Biasanya provider hosting saat ini bisa dengan cepat dihubungi karena memiliki fitur live chat. Nah, berkomunikasilah dengan provider hosting bersangkutan apabila masih memiliki pertanyaan terhadap layanan yang di benak Anda masih mengganjal. Demi kenyamanan dan keamanan calon pemilik website, dianjurkan untuk mencari layanan hosting di website provider yang ada fitur live chatnya. Dengan demikian mudah bagi Anda menjalin kerja sama dengan mereka karena sedari awal pertanyaan-pertanyaan yang mengganjal sudah terjawab.

Selain fitur canggih seperti live chat ini, Anda bisa meningkatkan rasa percaya kepada provider hosting dengan membaca beberapa testimoni di salah satu halamannya. Melihat testimoni juga membantu Anda memiliki informasi dari pengalaman-pengalaman klien lain. Biasnya keluh kesah klien terhadap baik atau buruknya provider hosting akan tampil nyata di halaman testimonial.

Baca Juga : Kiat Efektif Mengelola Keuangan Pribadi

Melihat Fitur, Bandwidth Serta Besaran Disk Space Hosting

Hal penting selanjutnya ketika hendak membeli hosting adalah dengan memperhatikan kebutuhan pengguna. Jangan sembarang membeli dan memboroskan biaya karena memilih space dan bandwidth besar tetapi yang dipakai hanya sebagian kecilnya saja. Maka dari itu, sejak awal ditekankan kepada pemilik website untuk menyesuaikan layanan hosting dengan budget atau modalnya masing-masing. Lebih baik memilih bandwith dan space sesuai dengan kebutuhan dan bila nanti tidak cukup Anda bisa melakukan upgrade.

Kemudian hal yang juga penting ketika membeli hosting adalah fitur apa saja disediakan layanan. Biasanya kontrol panel hosting rata-rata sudah provider lengkapi dengan software auto installer. Nah, penting untuk diperhatikan baik-baik kontrol panel hosting provider tersebut apakah dengan cPanel sudah familiar.

Menyiapkan Dana Simpanan

Selalu siapkan dana simpanan atau cadangan ketika membangun website yang membutuhkan layanan hosting. Meskipun terdengar sedikit aneh tapi tidak ada yang bisa menebak ketika terjadi suatu hal. Misalnya saja, Anda membutuhkan bandwith atau disk space yang lebih besar sehingga harus mengupgradenya. Beberapa hal tak terduga lain juga besar kemungkinan terjadi, maka dari itu diharuskan bagi pemilik website menyiapkan dana simpanan. Manfaatkan layanan pinjaman online OJK seperti Tunaiku untuk kebutuhan dana simpanan Anda.

Mungkin dari beberapa hal di atas bisa membantu Anda mendapatkan layanan hosting dengan tepat. Penting untuk diperhatikan dengan baik, karena memilih hosting dari provider ada pengaruhnya terhadap website pribadi Anda. Dan jangan salah pilih, hindari hal itu tidak ingin membuat kesusahan sendiri nantinya.

Pastikan juga Anda memperoleh support dari teknisi provider hosting yang sigap dan cepat tanggap. Sesuaikan juga pilihan provider dengan budget dan jangan terlalu dipaksakan apabila dana yang dimiliki tidak cukup maka cari alternatif lainnya. Harga hosting yang mahal bukan berarti memberikan Anda jaminan memiliki fasilitas dan layanan yang memuaskan, begitu juga dengan hosting yang murah.

Jadi, hal itulah yang harus diperhatikan ketika membeli hosting untuk website pribadi. Silahkan dipelajari dengan baik, sekian.

 

Artikel Terkait