lokasi server hosting

Berikut Ini Beberapa Tips Memilih Lokasi untuk Server Hosting

tempahwebseo.com – Di tengah tingginya kebutuhan di dunia digital, berbagai perusahaan yang menjual jasa hosting terus menerus bertambah. Bukan hanya itu saja, para perusahaan penyedia layanan tersebut juga terus berinovasi dengan memberikan opsi terkait dengan lokasi penyimpanan server. Jelas ini menjadi pilihan yang sangat memudahkan.

Banyaknya lokasi yang sediakan jelas semakin memberikan banyak pilihan untuk kebutuhan bisnis Anda. Meskipun semakin mudah, ternyata tidak sedikit orang yang kebingungan menentukan dimana lokasi yang pas untuk server hosting. Berkaitan dengan hal tersebut, melalui tulisan ini kami ulas mengenai beberapa tips memilih layanan server untuk hosting.

Beberapa Lokasi Ini Dikenal Sebagai Lokasi Server Terbaik

Sebelum membahas lebih lanjut, terkait dengan lokasi server ini sebenarnya terdapat di masing-masing negara. Hanya saja kualitas yang diberikan tidaklah sama. Beberapa informasi terakhir menyebutkan ada beberapa lokasi yang dikenal sebagai lokasi server terbaik, diantaranya adalah sebagai berikut.

1. Lokasi Server di Indonesia

Di Indonesia sendiri terdapat lokasi server yang berada di daerah Ibu Kota Jakarta. Beberapa menyebutkan jika server di Indonesia sangat cepat apabila diakses oleh pengguna yang memang tinggal di Indonesia. Hal ini dikarenakan masih dalam satu alamat IP. 

Sebaliknya, apabila situs Anda menyasar audience yang bukan di Indonesia sebaiknya urungkan niat untuk memilih service lokal ini. Mengingat sudah banyak review menyebutkan mengenai kecepatan server yang diberikan.

2. Server Singapore

Untuk Anda yang saat ini membutuhkan akses internasional dengan kualitas yang baik, memilih server Singapore bisa menjadi pilihan terbaik. Terlebih lokasi server juga masih berdekatan dengan Indonesia, alhasil kemudahan-kemudahan yang bisa Anda dapatkan juga semakin banyak.

lokasi server hosting

Terkait dengan hal ini juga tidak heran apabila server Singapore banyak dipilih beberapa penyedia webmaster. Ini sangat membantu jika Anda memiliki target audience dari lokal Indonesia maupun dari luar negeri.

3. Server US

Selanjutnya Anda juga bisa memilih lokasi US yang memang saat ini dikenal sebagai pusatnya server dari seluruh penjuru dunia. Mengenai aksesnya jangan ditanya lagi. Jenis server yang ketiga ini sangat pas untuk Anda yang memang membuat situs untuk audience di seluruh penjuru dunia. Terlebih server yang dari US selain sangat cepat, harganya juga sangat terjangkau.

Baca Juga : Pinjaman Online Terbaik Untuk Memulai Usaha Kecil Menengah

Sebelum Memilih Lokasi, Gunakan Beberapa Tips Berikut Ini

1. Pastikan mengenal audience dengan baik

Ketika membuat sebuah situs penting Anda mengetahui dengan pasti siapa audiens Anda serta calon audiens Anda. Tentukan kira-kira situs Anda nantinya diakses oleh orang mana saja. Apabila Anda membuat situs dengan bahasa Indonesia, server yang berlokasi di Indonesia merupakan pilihan yang tepat.

Sebaliknya, apabila Anda memiliki pengunjung yang berasal dari luar negeri, memilih server yang berada di Singapore maupun US akan memudahkan Anda mendapatkan akses internasional yang lebih cepat.

2. Perhatikan jenis situs Anda

Selanjutnya, perhatikan juga jenis website yang akan Anda pilih kedepannya nanti. Apakah Anda memilih jenis situs untuk kebutuhan personal, kebutuhan company profile, untuk membuat toko online dan masih banyak lagi. Saat Anda sudah paham dengan jenis situs yang memang Anda butuhkan lanjutkan dengan memilih lokasi yang tepat.

3. Berdekatan dengan internet exchange

Lokasi tempat terkoneksinya seluruh jaringan internet dari berbagai jenis ISP di Indonesia dikenal dengan internet exchange ini. Ini membuat sambungan yang berada di Indonesia tidak harus keluar negeri baru ke Indonesia lagi. Hal inilah yang nantinya membuat server menjadi cepat diakses.

4. Lihat budget

Tempat dimana server berada memberikan pengaruh terkait dengan budget yang harus dibayarkan nantinya. Lokasi server yang berada di Indonesia malah lebih mahal jika dibandingkan dengan lokasi di Singapore maupun di Eropa. 

Terkait dengan hal ini jangan sampai langsung terkecoh dengan selisih harga yang terkadang kecil jumlahnya. Terpenting perhatikan bagaimana kecepatan website ketika ada audien. Namun jika Anda menargetkan audience dari berbagai penjuru dunia lebih baik memilih server dengan akses internasional yang memadai.

5. Kecepatan akses 

Lokasi server yang berada di Indonesia tentu memberikan kemudahan akses lebih cepat oleh pengunjung lokal Indonesia dikarenakan masih berada dalam satu lokasi. Berbeda ketika memilih menggunakan server dari luar, dimana server sebelumnya harus melewati Internet Exchange baru nantinya dilanjutkan ke server akhir. Ini pasti membutuhkan waktu lebih lama. 

6. Perhatikan kebutuhan lainnya

Selain beberapa hal di atas, masih ada beberapa hal penting diperhatikan, misalnya terkait dengan penggunaan email. Misalnya aktivitas Anda berkaitan dengan kegiatan kirim mengirim email dalam ukuran besar, tentu memilih server dengan akses yang cepat penting sekali. Sebaliknya, jika hanya sebagai situs statis saja, maka memilih lokasi lokal juga tidak masalah. Intinya disesuaikan dengan kebutuhan Anda sehingga bisa menemukan lokasi yang tepat. 

 

Artikel Terkait