Cara Membuat Konten yang Dapat Menarik Minat Pembaca

Content Writing

Jika kamu memiliki website atau media digital yang membutuhkan konten menarik dan bisa dilirik oleh banyak pengguna atau pembaca, pasti kamu bertanya-tanya cara agar bisa menyusun konten yang sukses mendatangkan pengunjung atau pembaca ke website milik kamu. Hal ini sangat wajar dirasakan bagi orang-orang yang berprofesi sebagai content creator atau content writer.

Memiliki konten yang bagus dan menarik adalah kunci kesuksesan agar bisa memperoleh trafik yang tinggi untuk websitenya. Apabila para pengguna merasa tertarik oleh konten yang sudah kamu bagikan, kemungkinan besar mereka bakal kembali ke website kamu.

Hal ini dipengaruhi oleh mereka yang merasa cocok dan menganggap konten yang ada di situs kamu memiliki informasi yang bagus dan menarik. Dengan ini, kamu telah membangun hubungan emosional terhadap para pengguna internet.

Lalu, bagaimana sih cara membuat sebuah konten yang menarik agar bisa menarik minat para pembaca? Tidak perlu khawatir, kamu bisa simak penjelasannya dibawah ini.

1. Melakukan riset konten

Sebetulnya isi konten yang kamu susun menentukan nasib kontenmu bakal diingat atau bahkan dilupakan begitu saja oleh para pengguna. Maka dari itu, penting rasanya untuk menerapkan riset dahulu agar kamu bisa mendapatkan ide konten yang cocok untuk dibuat dan dibagikan.

Kamu bisa merasakan kondisi dan memahami apa yang lagi tren akhir-akhir ini. Kamu juga bisa melakukan riset langsung ke audiens agar konten yang kamu buat bisa tersalurkan dengan benar. Selain itu kamu juga perlu memantau update konten dari situs lain sebagai perbandingan. Dengan begitu kamu bisa mengira-ngira konten yang cocok untuk melampaui kesuksesan dari kompetitor kamu.

2. Melakukan riset kata kunci

Apabila kamu ingin menjalin persaingan sehat terhadap para kompetitor, kamu perlu menerapkan riset kata kunci sesudah menemukan konten yang bagus dan menarik. Sekarang ini seluruh konten creator sedang berlomba untuk menciptakan konten yang menarik agar bisa ditampilkan pada halaman pertama mesin penelusuran Google.

Salah satu metode yang tepat agar bisa meningkatkan promosi konten pada website adalah menerapkan riset keyword atau kata kunci terlebih dahulu. Tidak perlu bingung, kamu dapat memakai fitur seperti tools guna meriset kata kunci, atau Ahrefs, SEMrush dan lain sebagainya.

Kamu bisa mengumpulkan seluruh keyword yang telah dihasilkan oleh ide konten yang telah kamu susun. Lalu lakukan riset setiap kata kunci agar dapat menemukan pilihan keyword yang cocok dan relevan bagi para pengguna.

3. Membuat headline yang tangguh

Sesudah menetapkan ide konten menarik dan keyword yang pas, selanjutkan kamu dapat mengalihkan fokus ke pembuatan headline yang tangguh. Sebab judul atau headline yang tepat besar kemungkinan bisa menarik perhatian para pengguna atau pembaca. Riset membuktikan bahwa sekitar 80% pengguna akan melihat headline kamu, namun cuma 20% orang yang bakal membaca sisa kontennya.

Meski demikian, tidak berarti hanya mengandalkan penerapan headline yang kuat saja, tapi isi kontennya malah lemah. Perlu kamu sadari, para pengguna akan datang kembali ke website kamu karena mereka merasa bahwa konten yang kamu buat berkualitas. Jika konten yang kamu buat tidak menarik atau lemah, tentu kecil kemungkinan mereka akan datang lagi untuk membaca konten berikutnya.

4. Mencari perspektif yang menarik

Ketika akan membuat sebuah konten yang berkualitas, upayakan untuk mencari cara agar mendapatkan perspektif yang unik. Hal tersebut dirasa sangat perlu supaya hasil karya menjadi lebih fresh dan beda dari konten pada umumnya. Kamu bisa menonjolkan bagian yang kira-kira tidak bisa ditemukan pada konten lain, dengan menerapkan metode ini membuat banyak situs-situs yang berhasil menarik minat pembacanya.

Balik lagi ke metode sebelumnya, yakni dengan meninjau pergerakan kompetitor dan melakukan riset terhadap konten-konten yang mereka sajikan. Biasanya bila kamu rajin memantau, maka semakin mudah juga untuk kamu menemukan perspektif menarik dan unik untuk dikreasikan pada konten website kamu.

5. Memilih sumber informasi yang valid

Sebelumnya, kamu coba bayangkan jika kamu adalah orang yang berprofesi sebagai penulis konten pada perusahaan tertentu. Sesudah itu, kamu menaruh source yang tidak valid informasinya menimbulkan potensi turunnya reputasi perusahaan tempat kamu bekerja.

Maka dari itu, perlu hati-hati ketika memilih suatu informasi dari sumber. Upayakan untuk memperoleh informasi dari sumber yang mempunyai kredibilitas bagus dan pastinya terjamin akurat. Semakin tinggi kualitas dan kredibilitas sumber yang telah kamu pilih, para pembaca tentu akan semakin berminat karena informasi yang kamu sajikan berasal dari sumber yang akurat.

6. Menyusun konten yang menarik

Bila kamu berpikir bagaimana cara agar bisa mengemas konten menjadi lebih menarik. Banyak cara, satu diantaranya dengan menyusun konten tulisan yang interaktif. Kamu bisa melibatkan para pengguna ke dalam website kamu melalui bentuk pertanyaan yang diajukan ke para pengguna, dan kamu dapat menyisipkan cerita didalamnya sebab kebanyakan dari mereka suka membaca sebuah cerita.

Artikel Terkait