Cara Menentukan Keyword yang Tepat Untuk SEO Konten

Keyword

Di dalam dunia digital marketing, SEO merupakan salah satu hal yang sangat penting sekali. Untuk itulah maka pemilihan kata kunci untuk SEO juga tidak bisa dilakukan secara sembarangan. Sebagai seorang digital marketer, penting untuk melakukan penelitian ketika akan memilih jenis kata kunci. 

Bukan hanya pemilihan kata kunci saja yang penting diperhatikan, lebih dari konten yang berkualitas juga menentukan apakah keyword tertarget mampu memenuhi target dengan baik. Sejauh ini sudah hadir berbagai tools yang bisa dimanfaatkan untuk melakukan riset kata kunci. 

Namun tetap, melakukan pemilihan dengan hati-hati merupakan hal yang sangat penting dilakukan supaya tepat sasaran dalam memilih kata kunci. 

Bagaimana Menentukan Keyword yang Tepat?

1. Mulai dengan mengetahui tujuan

Mengetahui tujuan awal alasan penargetan kata kunci merupakan hal yang sangat penting. Dengan mengetahui tujuan akhir, tentu memberikan pengaruh juga terhadap langkah yang harus dilakukan. 

Misalnya saat Anda memiliki keinginan untuk meningkatkan penjualan, membangun keterlibatan dengan calon customer dan masih banyak lagi jenis tujuan yang harus dicapai. Dengan paham akan tujuan awal maka Anda bisa menentukan berapa besaran konversi yang harus didapatkan sehingga pemilihan topik menjadi sangat penting sekali.

2. Ajak pihak lain terlibat

Untuk bisa menentukan keyword yang tepat sasaran maka bisa dengan melakukan riset secara langsung dengan beberapa pihak yang terlibat. Anda yang sedang melakukan bisnis dan memiliki keinginan meningkatkan penjualan lewat digital marketing khususnya SEO, mengajak pihak lain terlibat merupakan hal yang sangat masuk akal.

Anda bisa bertanya kepada bagian penjualan serta pemasaran untuk mengetahui hal apa yang sedang ramai dibicarakan. Dengan adanya saran dari pihak-pihak tersebut maka Anda bisa menentukan langkah strategis bisnis yang tepat.

3. Perhatikan pesaing

Sudah bukan menjadi rahasia apabila para pelaku bisnis tidak mau mengakui kehebatan rivalnya. Tetapi berkaitan dengan hal ini penting untuk mengetahui kata kunci apa yang memang digunakan oleh pesaing dalam proses bisnis. 

Perhatikan dengan detail terkait dengan layanan, produk serta jenis konten yang dipilih. Selanjutnya, silahkan Anda lakukan analisis terhadap beberapa hal tersebut.

4. Mulai riset kata kunci

Sampai saat ini sudah banyak yang mengemukakan. proses pencarian kata kunci menggunakan tools yang gratis serta berbayar. Baik menggunakan tools yang gratis maupun berbayar, penting untuk mengetahui dengan jelas dan tetap berhati-hati sebelum memastikan kata kunci yang Anda pilih nantinya. 

Proses penelitian kata kunci ini bertujuan untuk melakukan identifikasi terhadap tujuan Anda. Sebaiknya lakukan riset lebih mendalam dengan menemukan jenis kata kunci yang saling terkait satu sama lain. 

5. Perhatikan topik dengan detail

Setelah melakukan riset kata kunci baik menggunakan tools yang gratis maupun berbayar, Anda berarti sudah memiliki daftar kata kunci yang bisa Anda pilih. Penting diketahui jika keberadaan topik ternyata sangat penting dibandingkan kata kunci itu sendiri. 

Berkaitan dengan hal ini penting Anda paham bagaimana menjadikan kata kunci bisa relevan dengan topik yang sedang ramai dibicarakan. Untuk melakukan hal ini, Anda bisa memilih konten yang ada di situs website Anda. Akhirnya nanti konten-konten tersebut diterjemahkan menjadi layanan, produk dan informasi-informasi menarik lainnya. 

6. Buat topik yang relevan

Ketika Anda sudah melakukan riset kemudian memfilter topik serta tema tertentu, selanjutnya lakukan validasi jika kata kunci tersebut memang tepat untuk Anda pilih. Misalnya Anda menargetkan kata kunci “Dealer mobil lokal” untuk situs Anda. Sebelum memutuskan untuk menggunakan layanan berbayar pastikan apakah kata kunci tersebut memiliki relevansi dengan topik yang sedang ramai dicari orang.

Lebih detail lagi, sebaiknya Anda memperhatikan juga kecenderungan konsumen ketika mencari sebuah produk. Apakah mereka langsung menuju ke pembahasan yang lebih luas, seperti dealer mobil tersebut, atau malahan sebaliknya, langsung menargetkan pada nama brand yang diincar. 

7. Perhatikan SERPs 

Bisa saja Anda sudah melakukan kegiatan berkaitan dengan cara menemukan kata kunci yang cocok untuk bisnis Anda. Tetapi terkadang mesin pencari selalu mengalami perubahan pada bagian halamannya. Anda bisa mengambil setidaknya beberapa kata kunci serta topik yang sedang Anda targetkan.

Perhatikan informasi apa yang muncul. Apakah kompetitor Anda menduduki posisi tersebut? Hal ini penting jika Anda melakukan proses secara organik. Oleh karena itu penting sekali memperhatikan beberapa hal ketika Anda sedang mencari kata kunci untuk tujuan bisnis Anda.

8. Evaluasi kinerja

Dengan semua kegiatan yang sudah Anda lakukan berkaitan dengan pencarian kata kunci, baik yang gratis maupun berbayar. Selanjutnya penting sekali Anda melakukan evaluasi terhadap kinerja yang sudah Anda lakukan. Ini penting supaya Anda memiliki pegangan data untuk tujuan kedepannya nanti. Dengan evaluasi yang rutin Anda lakukan Anda bisa melakukan penargetan kata kunci dengan lebih mudah kedepannya nanti. 

Artikel Terkait