tools seo ahrefs

Ini Dia Tools yang Harus Kamu Gunakan untuk Memaksimalkan SEO

tempahwebseo.com – Bagi setiap bisnis yang berjalan secara online, Search Engine Optimization (SEO) jadi sebuah mantra penting. Ia jadi penting karena fungsi dan metodenya yang sanggup membantu situs bisnis naik ke puncak mesin pencari. 

SEO memang penuh dengan teknik dan metode. Dan pemilik bisnis yang ingin menonjol di mesin pencari jelas butuh keahlian seorang ahli maupun konsultan SEO. 

Di sisi lain, SEO selalu membutuhkan tools terbaik. Antara lain untuk membantu seorang praktisi SEO ketika meriset kata kunci maupun melakukan audit website. 

Lalu apa saja sih tools yang biasanya digunakan oleh para konsultan SEO profesional? Biasanya dibagi dua jenis, yakni tools gratis dan yang berbayar.  

Tools SEO Gratis

Kebanyakan tools SEO memang berbayar, meski masih banyak lagi yang gratis, walaupun fungsinya terbatas. Tetapi kalau kamu tergolong pemula di bidang SEO, beberapa rekomendasi tools berikut ini rasanya sudah lebih dari cukup:

  1. Google Keyword Planner

Tools satu ini cukup berguna untuk para praktisi SEO yang bermaksud mencari kata kunci yang pas untuk konten web. Kamu bisa menggunakannya untuk mencari kata kunci berdasarkan istilah tertentu, atau berdasarkan URL yang kamu masukkan di kotak pencarian.

google keyword planner

Walau mudah digunakan, tools satu ini tetap punya keterbatasan. Salah satunya adalah jumlah search volume kata kunci yang tidak begitu akurat, alias hanya perkiraan saja. Tapi bagaimanapun Google Keyword Planner sangat berguna karena mudah digunakan.

  1. Google Trends

Satu lagi tools gratis dari Google. Setiap orang yang mempelajari SEO dengan tekun dari awal pasti akan mendapat saran dari senior, dimana kebanyakan dari mereka akan menyarankan Google Trends sebagai basis riset kata kunci konten.

Google Trends menarik untuk digunakan karena tools satu ini menunjukkan bagaimana kecenderungan tren atas topik tertentu. Di sini kamu mesti bertindak kreatif, sambil membayangkan topik apa yang dicari orang di periode tertentu.

Baca Juga : Kiat Jitu Memilih Nama Domain Paling Pas Untuk Bisnis

  1. Keyword Surfer

Ini adalah ekstensi gratis yang bisa dipasang di peramban Google Chrome. Sekali dipasang, tools ini akan memperlihatkan besaran volume pencarian kata kunci tertentu yang diketikkan lewat Google.

Yang menarik adalah, di bagian sidebar kamu bisa menemukan referensi kata kunci yang serupa dan istilah-istilah terkait kata kunci yang kamu ketikkan. Berkat Keyword Surfer, kamu bisa melakukan analisis kompetitif tanpa menutup halaman pencarian.

Tools SEO Berbayar

Yang gratis ada, yang berbayar pun banyak. Hanya saja kamu harus mempertimbangkan benar-benar sebelum menggunakan tools SEO berbayar. Investasinya lumayan besar, jadi kamu pun harus memiliki klien SEO yang royal.

Kalau kamu siap, ini dia daftar tools SEO berbayar yang bisa dipertimbangkan:

  1. Ahrefs

Pernah membayangkan tools SEO Premium yang bisa melakukan banyak hal, mulai dari memeriksa backlink sampai membantu kamu melakukan riset kata kunci? Ahrefs jawabannya.

tools seo ahrefs

Ketika memutuskan untuk berlangganan Ahrefs, kamu bisa memanfaatkan segudang fitur yang mereka tawarkan, dan itu adalah:

  • Site audit
  • Rank tracker
  • Keywords Explorer
  • Site Explorer

Seluruh fitur yang ditawarkan Ahrefs pada dasarnya terdiri dari data-data yang komprehensif, akurat, dan selalu terbaru. Tidak heran kalau Ahrefs disebut sebagai yang terbaik.

  1. MOZ Pro

MOZ Pro layak masuk daftar tools SEO terbaik karena ia menawarkan satu solusi untuk seluruh permasalahan SEO yang berkaitan dengan penggunaan kata kunci, backlink, audit situs, pelacakan ranking website, dan optimasi on-page.

Sebagian orang menyukai MOZ Pro karena tampilan tools-nya ramah untuk pengguna – bahkan yang awam sekalipun. Lagipula ada dukungan komunitas yang sangat luas, dan ini artinya MOZ Pro cenderung lebih cocok sebagai tools untuk pemula dalam bidang SEO.

  1. Screaming Frog

Audit situs merupakan salah satu pekerjaan SEO yang paling melelahkan. Dan karena alasan itulah Screaming Frog dikembangkan. Sederhananya, Screaming Frog merupakan crawler web yang akan memeriksa tautan yang rusak, konten yang dobel, dan bahkan meta deskripsi yang terlalu pendek di situs kamu.

Tools satu ini sangat bagus untuk audit SEO, terutama bagi situs yang memiliki banyak sekali konten dalam satu domain.

  1. SEM Rush

Tools SEO all-in-one seperti SEM Rush menjadi satu solusi untuk dipertimbangkan. Sebagai seorang profesional di bidang SEO, kamu bisa menggunakannya untuk melacak ranking kata kunci, lalu lintas organik, sampai jumlah backlink yang mengarah ke situs klien kamu.

tools seo semrush

Selain itu kamu bisa menggunakannya untuk melakukan audit situs, sekaligus memperoleh banyak sekali insight dan data hanya dengan meng klik satu tombol.

Siap jadi professional SEO?

Pada dasarnya semua tools SEO yang disebut di atas bisa berfungsi dengan baik hanya bila kamu bisa memanfaatkan data-data yang mereka berikan untuk membuat keputusan. Sebagus apapun sebuah tools dan sebanyak apapun data yang diberikan sebuah tools, rasanya takkan begitu berguna bila kamu tak tahu cara memanfaatkannya.

Jadi begitulah tools SEO. Ia tidak menjamin situs yang kamu kelola bakal selalu nangkring di peringkat pertama mesin pencari. Namun sebuah tools bisa memberikan pertimbangan yang matang untuk kamu ambil, apalagi bila kamu mengelola sebuah situs perusahaan.

Artikel Terkait