index google

Memahami Index Pada Google serta Cara Mudah Index pada Website Anda

Mungkin di antara kalian masih kebingungan mengapa website Anda masih sulit ditemukan dan tidak mendapat ranking tinggi pada mesin pencari padahal sudah melakukan semua upaya meningkatkan SEO. Hal tersebut mungkin karena website Anda tidak terindex oleh Google sehingga Google tidak dapat menemukan website Anda. dengan demikian ranking website Anda akan sulit untuk meningkat. 

Pada kesempatan kali ini kita akan membahas apa itu index dan bagaimana cara kerjanya agar website Anda dapat dibaca atau terindex oleh Google. Sehingga orang orang akan lebih mudah untuk menemukan dan berkunjung ke website Anda. berikut penjelasan mengenai index dan cara kerjanya untuk website Anda.

Pengertian Google Index

Google index merupakan database yang berisi sejumlah informasi serta halaman website yang didapat dan dikumpulkan oleh Google. Semakin banyak data dan informasi yang didapat google dari database tersebut maka website Anda lebih mudah ditemukan pada mesin pencari sebab Google akan menampilkan hasil pencariannya pada penggunanya.

Database berupa informasi itu didapatkan melalui proses crawling dan juga indexing oleh Google. Crawling dan juga indexing tersebut membuat Google dapat menemukan halaman website baru di internet dengan dibantu teknologi bernama spiders atau spiders pada Google bernama Googlebot. Lalu apa itu crawling, indexing dan spider ? berikut penjelasannya.

Crawling merupakan suatu proses yang digunakan untuk mengikuti berbagai macam link yang ada di internet dengan tujuan dapat menemukan konten yang baru. sedangkan indexing adalah proses dalam menyimpan halaman ke dalam database agar halaman tersebut dapat ditampilkan pada mesin pencarian Google. Dan terakhir adalah spiders, yang merupakan teknologi yang canggih yang bekerja untuk merangkak di dunia maya atau internet.

Kenapa website Anda harus terindex Google ?

Seperti yang sudah dijelaskan diatas, fungsi dari Google index ini agar website Anda dapat muncul di dalam mesin pencari. Dengan terindex Google maka pengunjung lebih mudah untuk menemukan website Anda meskipun website Anda tidak berada pada tingkat atas mesin pencari. Sebab ranking pencarian dan index itu adalah dua hal yang berbeda.

Untuk dapat berada pada urutan teratas mesin pencari Anda perlu yang namanya SEO. Sedangkan untuk masuk ke dalam SEO dan bersaing website Anda perlu terindex Google terlebih dahulu. Bagaimana cara agar website bisa terindex Google ? berikut beberapa cara yang dapat Anda lakukan agar website Anda terindex Google.

google index

9 Cara agar website masuk ke Google Index

Bagi Anda yang baru memiliki sebuah website tentu wajib menyimak tulisan ini sampai selesai sebab akan membantu Anda dalam meningkatkan traffic website Anda di internet dan membantu Anda dalam meningkatkan ranking dalam mesin pencari Google. Berikut beberapa cara agar website Anda masuk ke Google index.

1. Menambahkan website ke dalam Google Console

Langkah pertama yang dapat Anda lakukan untuk masuk ke dalam Google index adalah menambahkan website ke dalam Google Console. Google search Console ini merupakan tools gratis yang berguna untuk memantau kinerja website Anda. fungsi dari Google Console dalam indexing adalah untuk memantau seberapa intens Googlebot crawling ke website Anda.

2. Membuat sitemap

Agar mempermudah Googlebot mengenali dan memahami isi website maka diperlukannya sitemap XML.

4. Membuat Robots.txt

Setelah membuat sitemap langkah selanjutnya adalah membuat Robots.txt yang berfungsi memberi tahu kepada mesin pencari halaman mana yang perlu dan tidak perlu di index.

5. Membuat konten

Meskipun website Anda belum terindex, Anda tetap bisa memposting konten di website Anda. Anda juga perlu membuat konten yang menarik serta rutin agar Google melihat bahwa website Anda masih eksis.

6. Memperbanyak internal link

Membuat konten yang menarik saja tidak cukup, maka Anda perlu memperbanyak internal link dengan menghubungkan halaman satu ke halaman lainnya dalam satu halaman website. Dengan begitu Googlebots akan lebih mengenali konteks dan hubungan halaman pada website Anda

7. Membuat kategori konten pada halam website

Apabila Anda memiliki banyak konten dalam satu halaman Anda bisa membuatnya dalam berbagai kategori yang memudahkan pengunjung serta membantu Googlebot menjelajah halaman Anda dengan efisien.  

8. Membangun backlink

Cara ini cukup penting juga dalam indexing sebab Googlebot akan menemukan halaman baru dengan melalui backlink. Dengan membuat backlink yang baik akan mempercepat proses indexing website Anda.

9. Memilih RSS feed yang tepat

Selain membantu meningkatkan pengunjung, RSS dapat membantu website Anda terindex Google. RSS akan menginformasikan apabila ada halaman yang siap di crawling atau di index.

10. Mengecek apakah ada error dalam indexing

Dengan menggunakan Google Search Console akan mempermudah Anda dalam mengecek apakah ada masalah dalam proses crawling maupun indexing.

Artikel Terkait