age domain dan expired domain

Membedakan Age Domain dengan Expired Domain

tempahwebseo.com – Ketika sedang mencari nama domain untuk kebutuhan bisnis maupun kebutuhan lainnya, ternyata ada beberapa istilah yang lumayan banyak digunakan. Istilah tersebut diantaranya aged domain, expired domain dan ada juga dropped domain. Namun untuk yang pertama kali mengenal domain, tentu masih belum memahami detail dari beberapa istilah tersebut.

Untuk itu, dalam artikel kali ini akan dibahas beberapa hal berkaitan dengan age domain serta expired domain. Berikut uraian lengkapnya.

Perbedaan Age Domain dan Expired Domain

Apa itu aged domain?

Akhir-akhir ini age domain semakin banyak dijadikan pilihan oleh para praktisi SEO. Ini dikarenakan Google terus menerus melakukan update algoritma, sehingga diperlukan strategi baru untuk bisa menaklukkan kata kunci dengan volume pencarian yang tinggi. Hal ini dikarenakan jenis domain satu ini memang sudah berumur sehingga bisa memberikan pengaruh pada SEO nantinya. Sesuai dengan istilahnya, dimana Age Domain ini merupakan domain yang sudah berumur. Usianya akan disesuaikan dengan kapan website aktif terdaftar dengan nama tertentu.

Umur dari domain tersebut akan dicatat di world wide web, untuk mengetahui umur sebuah website Anda bisa menggunakan jenis tools tertentu. Menggunakan tools memudahkan Anda untuk mengetahui identitasnya domain, letak registrasi dan sudah berapa lama domain tercatat.

Umur domain inilah yang nantinya akan memberikan kepercayaan kepada pemilik website serta mesin pencarian. Kemudian ada juga istilah dropped domain yaitu sebuah aged domain yang memiliki status deleted. Dengan ini maka nama domain tersebut secara otomatis sudah direset. 

Artinya nama domain tersebut bisa didaftarkan kembali, siapa saja bisa melakukan registrasi menggunakan domain ini. Berkaitan dengan hal ini, expired domain masuk dalam bagian age domain.

Apa itu expired domain?

Kemudian ada expired domain yang akhir-akhir ini juga banyak dijadikan pilihan, terutama oleh para blogger. Expired domain ini merupakan jenis domain dengan masa berlaku yang sudah tidak bisa diperpanjang lagi. Oleh karena itu maka pengguna sebelumnya tidak bisa melakukan registrasi kembali. 

Kelebihan serta Kekurangan dari Age Domain

Baik aged domain maupun expired domain jelas keduanya memiliki kelebihan serta kekurangannya masing-masing. Berkaitan dengan ini juga sebelum melakukan pembelian, penting untuk mengetahui terlebih dahulu masing-masing kelebihannya. Ini membantu Anda mendapatkan pertimbangan terbaik sebelum memutuskan untuk melakukan pembelian. 

age domain dan expired domain

Age domain memiliki beberapa kelebihan seperti umur domain yang masih terus berlanjut, artinya tidak di reset ke angka 0. Selain itu juga dapat dibedakan antara domain yang deindex serta yang masih dalam status terindex.

Sebaliknya, age domain memiliki beberapa kekurangan misalnya, kurang fleksibel dalam memilih nama  mengingat Anda harus menyesuaikan sesuai dengan stok yang ada saat lelang. Harga untuk aged domain juga lebih mahal, mengingat Anda harus membayar biaya untuk jasa domain serta renewal dalam setahun kedepannya nanti.

Baca Juga : Berikut Ini Beberapa Tips Memilih Lokasi Untuk Server Hosting

Kelebihan dan Kekurangan Expired Domain

Sama halnya dengan aged domain dimana expired domain juga menyimpan kelebihan serta kekurangannya masing-masing. Dengan mengetahui kelebihan serta kekurangannya, Anda bisa melakukan pembelian dengan lebih bijak. 

Jika Anda memilih expired domain, Anda bisa menentukan nama domain dengan lebih fleksibel, ini dikarenakan stoknya sangat banyak sekali. Selain itu harga pembeliannya juga lebih terjangkau dikarenakan saat Anda membeli expired domain Anda seperti melakukan pembelian domain baru.

Tetapi, expired domain juga memiliki kekurangan, seperti umurnya di reset kembali hingga ke 0. Kemudian sulit untuk membedakan mana domain yang sudah di index atau belum. Pasalnya hampir semua indexnya kembali ke 0. Tetapi, Anda bisa berpeluang mendapatkan nama domain dengan harga yang murah serta sudah memiliki backlink yang bagus.

Sebelum Membeli Expired Domain, Penting Memperhatikan Beberapa Hal Berikut Ini

Perhatikan, apakah domain berisi spam

Kabar buruknya apabila pemilik situs sebelumnya menggunakan domain untuk tujuan spam maka akan memberikan pengaruh kurang baik untuk website Anda kedepannya nanti. Untuk itulah penting sekali Anda melakukan pengecekan terlebih dahulu sehingga situs Anda tidak mendapatkan pengaruh yang buruk. 

Perhatikan otoritas domainnya

Selanjutnya penting juga Anda memperhatikan bagian DA atau domain authority. Ini penting sekali, sebab ketika DA merupakan salah satu metrik untuk menentukan kekuatan dari sebuah website. Selain spam, memperhatikan jika domain memiliki nilai D.A setidaknya 20+. 

Apabila nilai otoritasnya kurang dari 20 sebaiknya urungkan niat untuk memilih domain tersebut. Pasalnya otoritas domain ini sangat penting, mau semurah apapun itu tetap harus diperhatikan. Ini juga yang menjadi alasan kuat banyak orang akhirnya memilih domain yang sudah expired. 

Penting juga memperhatikan apakah tautan ada yang mengandung spam

Tanda atau indikator yang memastikan apakah domain yang sudah kadaluarsa tersebut pernah digunakan untuk spam atau tidak yaitu dengan melihat riwayat backlink yang digunakan. Cara ini juga sangat mudah dilakukan, mengingat saat ini sudah ada beberapa jenis tools yang bisa digunakan.

 

 

 

Artikel Terkait