pengertian dan manfaat pbn untuk seo

Mengenal PBN dan Fungsinya Untuk SEO Website

tempahwebseo.com – Era digital ini terus menumbuhkan berbagai inovasi yang benar-benar bermanfaat untuk berbagai keperluan. Dewasa ini adanya trend dari PBN atau biasa dikenal dengan Private Blog Network. Bagi kalangan praktisi dan Publisher SEO, proses link building lewat PBN sudah lama dikenal dan diterapkan oleh mereka.

Lalu, Apa sih sebenarnya PBN itu? Apa saja Fungsinya? dan Bagaimana untuk mempelajari berbagai metodenya? Nah, supaya dapat lebih paham dan jelas, lewat artikel ini akan dibahas secara lengkap mengenai cara kerja dan pengertian dari Private Blog Network (PBN) tersebut. Simak ulasan singkatnya berikut ini.

Apa Itu PBN?

Private Blog Network atau PBN merupakan jaringan blog yang dibuat dan dikelola dengan nama pemilik yang sama. Tujuannya dari pembuatan PBN ini adalah untuk melakukan optimalisasi atau suntikan pada backlink untuk menuju pada website utama. Dalam pengertian sederhananya, PBN ini sebagai teknik tertua SEO. Tujuan dari hal tersebut adalah untuk mengoptimalkan artikel yang dibuat berada pada posisi utama atau halaman pertama.

Hal yang mencolok antara PBN dan blog biasa adalah terdapat dari perbedaan domain yang dimiliki. Pada blog yang dibuat dengan khusus untuk PBN biasanya menggunakan domain lama atau tua, lalu pada blog biasa dipegang mayoritas oleh domain tangan pertama. Dalam hal ini yang menjadi keunggulan dari PBN adalah Backlink itu sendiri yang menjadi kuncinya. Sehingga, keberhasilannya didasarkan pada backlink dan pembeda dengan teknik link building lainnya adalah kualitas backlink dan kuantitas yang bisa diatur berdasarkan selera.

Pada prosesnya teknik PBN itu memiliki berbagai resiko jika digunakan secara berlebihan dan tidak berorientasi pada panduannya. Karena, posisinya yang berada di area abu-abu membuat keberadaannya bisa aman dan tidak. Sewaktu-waktu posisi tersebut dapat membuatnya hilang dan sapu habis oleh algoritma. 

Fungsi PBN Untuk Keperluan SEO Website

Proses pembuatan PBN memang membutuhkan biaya dan modal yang relatif besar, tetapi hal itu berbanding baik dengan fungsi yang didapatkan. Berikut ini beberapa fungsi dari PBN itu, diantaranya, sebagai berikut :

  • Anda dapat menaikkan posisi ranking website dengan menggunakan keyword tertentu
  • Adanya PBN atau Private Blog Network tersebut membuat optimasi pada banyak moneysite
  • Terkadang PBN memiliki traffic yang tinggi, sehingga memungkinkan untuk dipasangi iklan
  • PBN dapat dijadikan sebagai aset masa depan atau investasi

pengertian dan manfaat pbn untuk seo

Keuntungan dari Penggunaan PBN

  • Efeknya benar-benar besar atau powerfull
  • Dapat dengan cepat merasakan perubahan
  • OBL (outbound link) terkontrol
  • Sumbernya dengan tema yang relevan
  • Dapat keuntungan dari jasa backlink PBN.

Kekurangan dari Penggunaan PBN

  • Anda harus memiliki modal yang relatif besar untuk dapat menyewa domain dan hosting, karena di Indonesia sendiri biayanya tergolong masih sangat tinggi
  • Proses dalam pembuatannya sangat sulit
  • Adanya perawatan dan harus dipantau secara berkala

Baca Juga : Pagination dan Trik Implementasinya

Tips Membangun PBN untuk Keperluan Peningkatan SEO Website

Google sebagai tempat atau induk dari para website memberikan pernyataan bahwa akan menyingkirkan beberapa website atau blog yang memiliki konten yang tidak berkualitas atau rendah. Tetapi, kehadiran PBN membuat semuanya masih digunakan oleh praktisi SEO baik dari dalam negeri maupun luar negeri. Pada prosesnya untuk melakukan private blog network atau PBN membutuhkan kewaspadaan dan hati-hati, karena seperti diketahui prosesnya berada pada level abu-abu. Apabila Anda salah dalam melakukannya, maka siap-siap menjadi korban dari keganasan google. Karena, cara kerja dari PBN memanipulasi link building dan meletakkan posisi website pada posisi tinggi di mesin pencarian.

Berikut beberapa tipsnya, sebagai berikut

  1. Gunakan IP hosting dan domain yang beragam
  2. Gunakan CMS agar semuanya terlebih lebih alami atau natural
  3. Buatlah tampilan PBN secara unik
  4. Tidak diperkenankan untuk mengisi data whois sama setiap domainnya
  5. Variasi TLD
  6. Tidak ada link wheel antar PBN, supaya tidak dicurigai oleh crawl
  7. Lakukan dan buat konten berkualitas yang bukan hasil dari copy-paste.

Membuat Private Blog Network atau PBN

Sebenarnya ada teknik yang dapat Anda gunakan untuk membuat PBN, karena setiap harinya lebih dari puluhan ribu website tidak diperpanjang atau domain expired setiap harinya. Dengan begitu Anda dapat memilikinya dan dijadikan sebagai Private Blog Network. 

Proses pembuatannya pun hampir sama dengan pembuatan website pada umumnya, tetapi pemilihan domainnya lebih diperketat, karena menggunakan Page authority(PA), Domain Authority (DA) dan masih banyak lainnya.

Untuk Anda yang mendewakan program gratis, sebenarnya Anda dapat menggunakan website semacam wordpress atau blogspot.com. Semuanya dapat dilakukan untuk kegunaan dari PBN, tetapi hasilnya tidak begitu memuaskan seperti domain tua yang sudah expired.

Itulah beberapa pembahasan mengenai Private Blog Network, semoga informasi diatas dapat bermanfaat dan berguna untuk kebutuhan SEO website Anda. Dengan cara ini, optimalisasi website Anda dapat meningkat dan PBN dapat menjadi solusinya.

 

Artikel Terkait