blog gratis

Rekomendasi Layanan Hosting untuk Blog Pribadi

tempahwebseo.com – Hosting dan domain merupakan komponen penting dalam membuat sebuah blog pribadi ataupun website. Kedua komponen penting tersebut sulit dipisahkan karena saling berkaitan. Selain itu hosting dan domain juga syarat wajib yang harus dipenuhi saat pembuatan website ataupun blog pribadi. 

Cara menentukan layanan yang terbaik bisa dikatakan cukup tricky karena agar tidak termakan promosi, Anda wajib tahu beberapa penyedia hosting untuk blog pribadi atau website yang termasuk rekomendasi. Sama halnya seperti domain, hosting juga dijual atau disewa pertahun atau paling sebentar perbulan. Namun, ada juga jasa domain dan hosting gratis.

Berikut Rekomendasi Layanan Hosting untuk Blog Pribadi

Ada banyak jasa domain dan hosting gratis yang bisa dimanfaatkan untuk blog pribadi. Beberapa fasilitas gratis tersebut antara lain:

  • WordPress.com
  • Blog.com
  • Wix.com
  • Blogger.com atau Blogspot.com
  • Typpad.com
  • Tumblr.com
  • Weebly.com
  • dan masih banyak lagi

Perhatian, penggunaan fasilitas gratis ini hanya cocok untuk keperluan belajar buat blog ataupun untuk blog pribadi yang tidak berkaitan dengan bisnis. Jadi, bisa dikatakan hosting dan domain gratis lebih efisien jika untuk masalah diluar kontek bisnis. Namun, blog gratisan ini juga dapat dimanfaatkan untuk keperluan SEO (Search Engine Optimization). 

blog gratis

Dalam membuat blog pribadi memang membutuhkan sebuah platform yang menunjang kegiatan tersebut. Telah kami sebutkan sebelumnya beberapa daftar fasilitas gratis yang bisa dimanfaatkan untuk memulai blog pribadi. Namun ada kekurangan dalam layanan ini seperti beberapa fitur memiliki keterbatasan. Berikut akan kami jelaskan lebih lanjut terkait masalah rekomendasi layanan hosting dan domain gratis.

WordPress

Platform blogging terbaik yang masuk rekomendasi pertama adalah WordPress. Anda bisa menggunakan fasilitas ini untuk memulai blog pribadi. Platform WordPress dikatakan sebagai yang terbaik karena semua situs berjalan di dalamnya ada lebih dari 32%.

WordPress sebenarnya ada 2 versi, satunya versi WordPress.org dan satunya lagi versi WordPress.com. Berikut perbedaan kedua versi ini.

  • WordPress.org bisa digunakan dalam membuat blog karena merupakan Content Management System (CMS). WordPress Self Hosted merupakan sebutan lain dari WordPress.org yang mana terlebih dahulu Anda harus menyiapkan web hosting. Kelebihan daripada versi ini adalah dalam mengelola dan mengontrol blog tidak ada keterbatasan. 
  • WordPress.com merupakan jasa blog versi gratis yang bisa dimanfaatkan untuk kegiatan blog pribadi. Subdomain dari wordpress akan digunakan dalam versi ini. Kekurangan dari versi gratis adalah pemilik blog tidak bisa leluasa mengelola dan mengontrol blognya karena ada beberapa batasan dalam penggunaan tools seperti penambahan plugin dan theme blog.

Blogger

Google memiliki layanan penerbitan blog gratis yang diberi nama Blogger. Anda cukup memiliki akun google untuk mendapatkan fasilitas ini. Blogger memiliki nama subdomain blogspot.com dan beberapa tema default yang bisa digunakan gratis. Daftar dan buat akun google jika ingin mulai membuat blog pribadi menggunakan platform Blogger.

Selain gratis, blogger juga memungkinkan penggunanya mengupload widget khusus dan tema yang sebelumnya di download. Selain itu, HTML, Javascript dan CSS bisa diedit kode sumbernya dalam Blogger ini. Anda bisa melakukan custom domain jika ingin mengubah nama subdomain dari blogger yang sepenuhnya gratis. Tema tampilan blog pribadi Anda juga bisa dibuat lebih profesional dengan cara mengunggah template yang telah dibeli. 

Baca Juga : Kenali Perbedaan Antara Shared Hosting, Cloud Hosting & VPS

Medium

Medium merupakan layanan yang menyediakan hosting dan domain gratis sehingga bisa dimanfaatkan untuk keperluan pribadi. Adapun fokus dari platform penerbitan ini adalah pengalaman membaca. Menggunakan Medium sangat mudah, caranya cukup daftar saja dan mulai membuat artikel yang diinginkan setelah memiliki akun. 

Anda perlu menggunakan tema default untuk postingan artikel yang bukan publikasi. Selain itu, mulai dari tata letak, favicon hingga header bisa disesuaikan selera. Namun, kekurangan dari platform Medium adalah tidak bisa menambahkan kode atau mengedit kode di dalamnya. 

Wix

Platform layanan penerbitan blog gratis selanjutnya adalah Wix. Anda bisa membuat website atau blog menggunakan platform Wix lebih praktis karena memiliki editor drag and drop. Jika ingin mewujudkan tampilan blog yang sempurna, Anda dapat memanfaatkan 500 template gratis yang disediakan Wix. 

Dalam waktu beberapa menit saja, Anda bisa membangun sebuah blog pribadi dengan tampilan keren. Dalam membuat blog pribadi pun Anda diberikan kebebasan untuk mengekspresikan imajinasi meski tidak mengerti tentang pemrograman sepenuhnya.

Meski sepenuhnya gratis, platform ini juga memiliki keterbatasan dalam pengontrolan dan pengelolaan blognya. Namun, jika ingin memiliki akses penuh, maka Anda bisa membeli paket Wix perbulan dengan harga $ 5,00 – $ 29,00.

Weebly

Kemudahan penggunaan Weebly membuatnya cukup dikenal dan disukai banyak blogger. Kurang dari lima menit, Anda bisa membuat blog pribadi yang tampak profesional di Weebly. Sama halnya dengan Wix, platform layanan penerbitan blog gratis ini juga memungkinkan pengguna memiliki editor drag and drop meski terbilang sederhana. Dengan demikian, custom blog pribadi bisa lebih mudah dan cepat dikerjakan. Weebly telah menjangkau banyak pelanggan di seluruh dunia  dan bisa dibuktikan dengan ada lebih dari 50 juta situs yang menggunakan platform terbaik ini. 

Demikian rekomendasi layanan hosting paling rekomendasi untuk buat blog pribadi Anda. Jika ingin memulai membuat blog pribadi, gunakan saja salah satu atau beberapa layanan di atas sekaligus. 

Artikel Terkait