keyword research

Tips Mencari Keyword Untuk Konten

Sebagian orang seperti belum terlalu mengetahui bagaimana cara untuk melakukan riset keyword yang lebih akurat tentu untuk menunjang traffic yang diinginkan. Karena, perlu kita sadari bersama bahwa riset keyword ataupun keyword research begitu penting jika dilakukan pada era saat ini yang semuanya serba digital, sampai ke penjuru dunia sekarang sudah beralih ke digital.

Pasalnya, apabila kamu melakukan riset tentang keyword, tentu akan berpengaruh dengan konten yang akan kamu share, tidak tanggung-tanggung. Mereka yang menduduki peringkat atas pada halaman Google, riset keyword menjadi salah satu kunci dari mereka berhasil berada di puncak situ. Sehingga akan ada banyak sekali orang mengklik konten tersebut.

Untuk itu, bagaimana cara yang benar agar dapat melakukan riset keyword yang ampuh, agar bisa menduduki halaman pertama pada Google? Untuk itu, simak ulasan yang ada di bawah ini.

1. Pelajari Niche-mu

Menurut Keyword Tool, sebelum melakukan riset keyword, kamu sebaiknya mempelajari terlebih dahulu tentang niche atau topik dari konten kamu. Hal tersebut dilakukan agar kamu bisa mendapatkan ide-ide kreatif yang brilian untuk menyusun strategi SEO (Search Engine Optimization) atau keperluan pemasaran.

Dibawah ini terdapat beberapa cara mempelajari niche untuk proses keyword:

  • Cobalah untuk memiliki sudut pandang dari perspektif pengunjung.
  • Cobalah untuk terlibat dalam grup online topik atau niche kamu secara online. Kegiatan ini bisa kamu lakukan melalui sebuah forum yang bisa ditemukan di berbagai media sosial
  • Berinteraksi oleh pengunjung yang sudah setia dengan kontenmu. Kamu bisa menanyakan perihal, istilah apa yang umumnya mereka gunakan ketika mau mencari sebuah produk ataupun perusahaan.

2. Membuat Keyword yang Relevan

Apabila sudah mempelajari niche dengan benar, dikit demi sedikit cobalah untuk menyusun daftar istilah yang masuk akal atau relevan dengan niche atau topi yang kamu miliki. Seperti contoh, jika topik yang kamu ulas mengenai jual batik wanita, lalu buatlah susunan istilah-istilah yang relevan dengan topiknya.

  • Batik wanita
  • Batik wanita Solo
  • Jual batik wanita murah
  • Pakaian Batik Solo yang murah
  • Menjual aneka Batik wanita termurah

Itu baru sebagian, kamu masih bisa menyusun atau membuat daftar istilah-istilah yang menyangkut topik yang kamu miliki, supaya ketika akan meriset keyword tidak harus menempuh alur yang sulit. Untuk tambahan apabila kamu berdomisili di suatu daerah, kamu bisa menambahkan domisili tersebut agar semakin terlihat spesifik.

3. Membuat Daftar Seed Keyword

seed keyword

Setelah melakukan riset keyword dan sudah menemukan beberapa datar keyword yang sekiranya cocok dengan topik, cara lainnya ada dengan membuat seed keyword. 

Jika ada yang bertanya, apa itu seed keyword? Seed keyword adalah induk kata kunci atau atau kata kunci fokus. Bisa disebutkan juga sebagai kata kunci unggulan dari semua daftar riset keyword yang telah kamu buat sebelumnya.

Seed keyword ini mempunyai peranan penting sebab hal tersebut bisa menjadi dasar riset keyword. Seed keyword juga dapat disebutkan sebagai istilah-istilah yang kemungkinan besar dicari oleh pelanggan atau pengunjung melalui Google.

Tidak hanya itu, menggunakan seed keyword kamu juga bisa mengetahui siapa saja saingan dari topik yang kamu punya. Dengan hal ini tentu bisa dijadikan keuntungan bagi kamu agar bisa melihat kelemahan dari kompetitor.

4. Gunakan Keyword Tools yang Bagus

Tips melakukan riset keyword berikutnya yang perlu dilakukan adalah menggunakan keyword tools untuk dijadikan pendukung keyword research kamu.

Hingga kini terdapat banyak sekali keyword tools yang dapat kamu pakai seperti SEMrush, Ubersuggest, Google Keyword Planner, Ahrefs dan masih banyak lagi. Kamu bisa memilih keyword tools mana yang sekira cocok untuk digunakan. Perlu diingat, tools seperti SEM rush dan juga SpyFu bisa memperlihatkan apa saja yang ditawarkan oleh para kompetitor.

Pastikan kamu selalu mengingat, agar kamu menggunakan keyword tools ketika melakukan riset keyword. Karena dengan menggunakan keyword tools ini kamu bisa mengetahui seberapa besar kesulitan yang akan kamu hadapi jika ingin menduduki halaman pertama pada Google.

5. Cari Tahu tentang Kompetitor

Melakukan riset keyword saja rasanya tidak cukup, kamu perlu mencari tahu seluk beluk tentang kompetitor agar bisa merangsek ke atas halam pertama pada Google. Dengan mengetahui lebih banyak tentang kompetitor, tentu akan menemukan kelemahan mereka sehingga kamu bisa menyusun strategi SEO yang kuat. 

Hal ini bisa dilihat saat kamu melakukan riset keyword dengan keyword tools, semakin sedikit penggunaan topik tersebut semakin besar pula peluang kamu untuk bisa berada di halaman pertama pada Google.

Itulah 5 tips untuk melakukan riset keyword untuk membangun strategi SEO kamu agar semakin kuat sehingga topik yang dimilik dapat menduduki halaman pertama pada Google.

Artikel Terkait