keyword tool

Riset keyword tentu akan menjadi sesuatu yang sangat penting apalagi bagi kamu yang bekerja sebagai jasa SEO, Blogger, Youtuber, Content Creator sosial media dan sejenisnya. Ketika kamu melakukan riset keyword dengan tepat, bukan hanya dimudahkan dalam pembuatan konten, melainkan juga bisa membuat blog atau website kamu berada di urutan pertama pada halaman.

Maka dari itu, menjadi hal biasa saat ini ketika melihat begitu banyak keyword tools atau sejenis alat bantu untuk riset keyword. Sebagian diantaranya ada yang berbayar, namun ada juga yang gratis. Perbedaannya tentu yang berbayar memiliki fitur lebih daripada gratisan. Kamu dapat memilih tools sesuai kebutuhan dan juga budget yang dimiliki. 

Tersedia banyak alat yang bisa mendukung pada riset keyword. Semuanya mempunyai kelemahan kelebihan masing-masing. Apabila kamu kebingungan untuk mencari  tools yang sekiranya tepat dan paling sering digunakan banyak orang, maka daftar tools ata alat bantu riset keyword di bawah ini dapat kamu jadikan acuan. Berikut ulasannya.

1. Keywordtool.io

Alat bantu untuk riset keyword yang satu ini bisa dibilang menjadi banyak digunakan orang. Khususnya bagi kamu yang ingin mencari long tail keyword untuk kebutuhan SEO. Long tail keyword ini sendiri sangat dibutuhkan sebab memiliki tingkat persaingan yang terbilang rendah. 

Hal tersebut sangat memungkin web yang kamu miliki berada pada urutan atas pada pencarian. eBay, Play Store, Amazon, Youtube, Blog, Twitter dan lain sebagainya. Disini pun juga tersedia opsi bahasa serta lokasi yang memudahkanmu. Kamu juga akan mendapatkan rekomendasi sekitar 750 long tail keyword setiap satu kali entry keyword.

2. Wordtracker

Setelah itu ada Wordtracker di pilihan berikutnya. Keyword tool ini sangat direkomendasikan bukan hanya karena menjadi SEO tools saja, melainkan juga merangkap sebagai market research tool. Ketika menggunakannya, kamu bukan hanya mendapatkan keyword untuk SEO, akan tetapi juga keyword iklan dengan sistem PPC (Pay Per Click).

Dengan semua keunggulan seperti sistem pencarian keyword sekunder ataupun related keyword, akses keyword asli, pencarian kata kunci dengan konotasi negatif dan lain sebagainya. Wordtracker diyakini lebih unggul dari pada Google keyword Planner. Disini kamu akan menerima sekitar 10.000 rekomendasi kata kunci untuk satu kali entry kamu masukkan.

Tool ini bukan hanya menjadi alat bantu dalam kebutuhan riset keyword Google saja, namun juga dapat menjadi keyword tool pada eBay, Amazon, atau Youtube, dan bahkan tersedia sebuah kolom khusus untuk kamu menyimpan keyword yang sudah di riset.

3. Google Keyword Planner

Alat bantu riset keyword yang ketiga yakni tool yang dirilis oleh Google yang juga menjadi paling banyak digunakan orang, yakni keyword Planner. Alat bantu riset satu ini bisa memudahkan orang ketika harus riset keyword untuk memasang iklan di Google AdWords.

Begitu banyak keunggulan dari tool milik Google satu ini, yaitu tidak hanya dapat digunakan untuk kebutuhan Adword saja, kamu juga dapat memanfaatkannya untuk kebutuhan riset keyword yang lain. Selain dari itu tool ini juga gratis untuk digunakan sehingga tidak perlu lagi mengeluarkan biaya agar bisa melakukan riset keyword.

4. Ubersuggest

ubersuggest

Keyword tool berikutnya yaitu Ubersuggest. Pada tool ini kamu bukan hanya mendapatkan sistem pencarian keyword saja, akan tetapi terdapat beberapa fitur lain yang sangat menarik dari tool tersebut. Seperti laporan efektivitas SEO setiap halaman, overview dari performa domain, rekomendasi keyword, serta ide-ide konten dan sebagainya.

User interface yang ikut diberikan oleh Ubersuggest ini juga bisa dibilang sangat ramah dan intuitif, yang dimana kamu cuma membutuhkan waktu yang begitu singkat agar bisa memahaminya dengan baik, dan tentunya kamu tidak akan merasa kesulitan saat menggunakannya.

5. Google

Google merupakan keyword tool gratis yang bisa kamu coba, jika dibandingkan dengan tool lainnya tentu Google termasuk alat yang mudah untuk digunakan karena sudah sangat dekat kepada banyak orang dalam mencari berbagai macam informasi.

Kamu tidak membutuhkan registrasi, kamu tidak perlu membayar, dan kamu tidak akan bingung memahaminya. Tapi, untuk menggunakannya dengan baik harus pada mode guest window atau incognito. 

Dengan menggunakan kedua metode tersebut, Google bisa membantu kamu untuk menemukan long tail keyword yang pas dan akurat. Akan beda apabila kamu menggunakan mode biasa, hasil akan mengarahkanmu ke kata kunci yang terpengaruh dengan riwayat pencarian, hal ini tentu akan membuatnya tidak akurat.

Jadi, itulah beberapa daftar keyword tool terbaik dan juga gratis yang dapat kamu gunakan untuk membantu riset keyword. Apabila merasa bingung dengan cara penggunaannya, kamu bisa mencari informasi yang bisa didapat melalui internet, akan banyak sekali tutorial-tutorial yang bisa mengalahkanmu ketika ingin menggunakan salah satu tool yang menurut kamu cocok untuk dipakai. 

Artikel Terkait